Bagaimana cara meng-upload file excel (atau format lainnya) ke blog yang menggunakan WordPress versi 2.7? Caranya ternyata mudah (setidaknya bagi saya). Dalam tutorial ini, saya akan menunjukkan bagaimana caranya meng-upload berkas excel (.xls) dengan nama “Laporan keuangan.xls” ke dalam salah satu tulisan (post) di blog saya. Nantinya, para pengunjung atau pembaca blog saya bisa mengunduh (download) berkas ini hanya dengan dua kali klik melalui browsernya (Internet Explorer, Opera, atau Firefox). Anda siap? Here we go ……………….

Catatan: gambar-gambar pendukung bisa di download di sini.

1. Kunjungi atau buka halaman login blog wordpress anda

Caranya mudah, ketik alamat atau url blog wordpress anda pada address bar browser yang anda gunakan lalu tambahkan string berikut:

/wp-admin

Sebagai contoh, untuk masuk ke dalam blog ini, saya akan menuliskan URL berikut ke dalam address bar browser yang saya gunakan :

http://elmudunya.wordpress.com/wp-admin

2. Masuk ke halaman administrator atau wordpress dashboard blog anda

Setelah sampai di halaman login, masukkan username dan password akun anda di wordpress.

3. Akses Menu Media < Add New

Jika sudah masuk ke dalam dashboard wordpress anda, anda akan melihat panel yang terletak pada sisi kiri . Di bagian ini terdapat menu-menu yang bisa anda gunakan untuk mengatur hampir semua kebutuhan anda dalam ngeblog.

Untuk keperluan meng-upload file excel – atau file berekstensi lainnya – silahkan klik menu Media  Di dalam panel inilah berkas-berkas non-HTML seperti PNG, JPEG, DOC, PDF, XLS, dsb., yang digunakan dalam blog anda diatur.

Kemudian lanjutkan dengan mengakses (klik) submenu Add New yang terletak di bawah menu Media. Di dalam submenu ini terdapat antarmuka (interface) yang akan membantu anda untuk memindahkan berkas dari hardrive komputer anda ke server empat anda meletakkan/menginstall blog wordpress anda .

4. Pilih berkas excel yang akan di upload

Untuk mencari berkas yang akan anda upload. Tekan tombol Choose … Anda akan melihat jendela baru muncul  Jendela ini akan anda gunakan untuk menemukan letak berkas yang ingin anda upload. Dalam kasus ini, saya akan menggunakannya untuk menemukan lokasi berkas “Laporan keuangan.xls” yang ingin saya upload  Jika sudah menemukannya, tekanlah tombol Open yang terletak di ujung kanan bawah jendela ini .

Setelah tombol Open ditekan, maka jendela ini pun akan hilang. Ini menandakan bahwa WordPress sudah mengetahui lokasi berkas yang akan anda upload. Jika demikian, lalu tunggu apalagi, coba anda tekan tombol Upload yang terletak di samping tombol Choose…

5. Periksa apakah proses upload berhasil

Oke, proses upload sudah selesai. Berkas “Laporan keuangan.xls” sekarang seharusnya sudah berada di dalam server tempat anda meletakkan blog WordPress anda di internet. Untuk melihat apakah berkas ini benar-benar sudah terupload dengan benar kita bisa memeriksanya di subpanel Library dalam panel Media. Jika anda tidak menemukannya di subpanel ini, itu berarti telah terjadi kegagalan dalam proses upload. Kalau memang ini yang terjadi, silahkan mengulangi tahapan sebelumnya. Tapi jika sukses, selamat anda sudah berhasil.

Tutoral WordPress kali ini menggunakan berkas laporan keuangan.xls sebagai contoh kasus. Sebenarnya, anda juga bisa menerapkannya untuk berkas-berkas berformat lain seperti *.DOC, *.PDF, *.PPT, dsb. Caranya sama persis.

About these ads