Gambar Speculum Vagina

Kanker servik merupakan salah satu kanker yang lumayan banyak menyebabkan kematian pada wanita, lha wong penderita kanker servik emang cuman wanita :D

Salah satu cara untuk mencegah terjadinya kanker servik adalah melakukan pemeriksaan pap smear, seperti apakah pemeriksaan vagina rutin yang berupa pap smear ini? mari kita obrolin sekarang.

Pap Smear Apaan Sih?

Pap smear adalah pemeriksaan servik dengan cara mengambil contoh sel dalam servik, kemudian di analisa untuk menilai adanya perubahan terhadap sel-sel tersebut.

Pemeriksaan yang umum dilakukan oleh wanita yang telah atau pernah melakukan hubungan seks ini merupakan deteksi dini yang cukup ampuh terhadap adanya kanker servik.

Jika pada pemeriksaan pap smear ini ditemukan sel kanker atau prekanker, maka bisa dilakukan pengobatan dini agar tidak sampai terjadi kanker servik yang serem :lol:

Untuk melakukan pemeriksaan pap smear, dokter menggunakan alat yang disebut sebagai speculum vagina, alat ini berfungsi untuk membuka liang vagina. Ketika vagina sudah terbuka, maka alat semacam sikat dimasukkan ke dalam vagina untuk mengmbil sampel sel pada servik. Kemudian sampel sel ini dimasukkan dalam larutan lalu di analisa di laboratorium :)

Kapan Pap Smear Harus Dilakukan?

Pap smear harus dilakukan paling lambat 3 tahun setelah hubungan seks pertama kali, dan sangat dianjurkan untuk melakukan pap smear setahun sekali bagi wanita berumur diatas 21 tahun dan aktif melakukan hubungan seks, namun ketika sudah berumur 30 tahun ke atas dianjurkan 2-3 tahun sekali untuk melakukan pap smear.

Apakah wanita yang berada dalam kondisi tersebut diatas? kalo iya, jangan ragu untuk melakukan pap smear.

sumber : http://www.juraganmedis.com

About these ads