Pada sesi ini saya akan membahas cara untuk membuat profil singkat beserta gambar dari gravatar/avatar si pemilik blog di sidebar. Mungkin terlihat sederhana dan mudah, namun bagi anda yang belum mengetahui caranya sangatlah susah dan membingungkan. Satu hal yang mungkin menjadi kendala adalah letak gambar profil dengan tulisan tidak bisa rata kiri, malah letak tulisan cenderung dibawah gambar seperti terlihat dibawah ini :

Contoh Profil 1

Contoh Profil 2
Saya hanya manusia biasa yang mencoba untuk mengenal blog lebih dekat. Dari ketertarikan saya terhadap blog, sekarang bukan merupakan sekedar hobby saja melainkan blog itu lebih dari sebagian hidup saya yang dipisahkan dengan alam nyata dan alam maya.

bootingskoBlogSaya hanya manusia biasa yang mencoba untuk mengenal blog lebih dekat. Dari ketertarikan saya terhadap blog, sekarang bukan merupakan sekedar hobby saja melainkan blog itu lebih dari sebagian hidup saya yang dipisahkan dengan alam nyata dan alam maya.

Pada contoh diatas terlihat profil 1 letak antara gambar dengan tulisan terlihat tidak rapi, sedangankan pada contoh profil 2 letak antara gambar dengan tulisan terlihat rapi.

Berikut cara untuk membuat profil yang disisipi gambar seperti pada contoh profil 2 :

1. Login ke WordPress.com
2. Klik ‘My Dashboard’
3. Pada sisi kiri halaman klik tanda [ ▼ ] pada menu ‘Appearance’
4. Kemudian klik sub menu ‘Widgets’
5. Pada halaman ‘Widgets’ pilih widgets ‘Text’
6. Kemudian tahan dan geser ke samping kanan pada menu ‘Current Widgets’
7. Setelah anda letakkan di samping kanan pada menu ‘Current Widgets’, langsung anda klik terlebih dulu tombol ‘Save Changes’, sebelum anda mengeditnya supaya widgets tersebut tidak hilang
8. Kemudian klik ‘Edit’ pada pojok kanan atas widgets text tersebut
9. Setelah halaman edit terbuka, copy kode dibawah ini pada area tersebut

bootingskoBlog ProfilTulis disini…

10. Jika sudah, klik tombol ‘Done’
11. Kemudian jangan lupa klik tombol ‘Save Changes’

Keterangan :

* Ganti yang dicetak merah dengan alamat Gravatar/Avatar anda (anda juga bisa mengganti dengan alamat gambar anda yang lain). Cara untuk melihat alamat gravatar/avatar anda lihat disini.
* Style : jenis perataan tulisan
* Alt : berikan diskripsi dari gambar anda.
* Width : lebar gambar anda.
* Height : tinggi gambar anda.
* Tulis disini : tulisan anda