Untuk mengirimkan (upload) video ke youtube, kita harus login terlebih dahulu. Kalau kita sudah mempunyai email dari google (gmail), username dan password-nya bisa kita pake untuk login (Login with your Google account ), kalau belum punya kita harus daftar dulu (Sign Up) di youtube untuk mendapatkan username dan password.

 

Langkah-langkah untuk meng-upload video

  • Kunjungi www.youtube.com dan login dengan username dan password yang Anda punya.
  • Arahkan mouse ke tombol “Upload” yang ada di sudut atas, seperti gambar di bawah ini sampai muncul pilihan Video File dan Quick Capture. Pilih Video File bila kita ingin meng-upload video yang sudah jadi atau pilih Quick Capture bila kita ingin membuat secara langsung dengan menggunakan webcam atau video kamera lainnya dan hasilnya langsung diupload ke youtube.

 

  • Karena kita akan meng-upload video, maka kita pilih Video File kemudian klik tombol Upload Video untuk mencari dimana kita menyimpan video yang akan kita upload.
  • Setelah kita menentukan video yang akan kita upload, pada Jendela berikutnya (Video File Upload), masukan beberapa informasi yang berhubungan dengan video kita, seprti Title (judul video), Description (keterangan mengenai video), Tags (keyword untuk mempermudah video kita ditemukan oleh mesin pencari [search engine]), Category (pilih kategori video kita).
  • Kemudian pada pilihan Privacy, kita bisa menentukan apakah video yang kita upload itu boleh dilihat oleh publik (Share your video with the world) atau berupa video pribadi (private) yang hanya bisa dilihat oleh beberapa orang saja yang telah ditentukan oleh kita (maksimal 25 orang).
  • Setelah semua diisi kita tinggal klik tombol Save Changes dan tunggu beberapa saat (atau mungkin beberapa jam tergantung ukuran/kapasitas video-nya) sampai video kita selesai di upload.
Iklan