Upload WebsiteSetelah anda melakukan order web hosting, dan diikuti proses pembayaran, maka kemudian web hosting anda akan segera aktif. Anda akan mendapatkan email dengan judul “informasi account baru”. Anda perlu membaca dengan cermat apa saja yang disampaikan dalam email tersebut, karena berisi informasi yang penting mengenai keterangan login dan password, serta keterangan yang berkaitan dengan account hosting anda. Transfer file yang mudah dan menjadi standar umum dalam webhosting adalah dengan menggunakan protokol FTP (File Transfer Protocol).

Program FTP Client

Karena Protokol yang dipakai adalah FTP, maka diperlukan program aplikasi FTP client agar komputer anda bisa berinteraksi dengan server webhosting, untuk transfer data website yang akan dibuat. Banyak sekali FTP Client yang tersedia pada saat ini, mulai dari AceFTP, CuteFTP, WsFTP, SmartFTP, Filezilla yang tersedia baik freeware maupun berbayar. Sebagai contoh, Aplikasi FTP Client yang akan kita gunakan adalah AceFTP, yang tersedia versi freeware-nya.

Login ke Account Server Hosting

Interface AceFTP

Seperti gambar interface AceFTP di atas masukkan data login Account Hosting anda kemudian klik icon connect pada sebelah kolom sebelah kanan. Setelah itu akan terjadi komunikasi (handshaking) antara komputer lokal (Komputer anda) dengan Server Remote Hosting. Setelah otentikasi userID sama password selesai maka komputer anda akan diijinkan untuk berkomunikasi dengan Server Hosting. Akan nampak tampilan menu utama AceFTP dengan header 1 Server with 1 Connection, dan Jendela listing direktori disebelah kanan, akan nampak.

Menu Utama AceFTP

Nah setelah sampai disini, proses upload maupun download bisa anda lakukan dengan melakukan sorot (highlite) direktori atau file yang dimaksud kemudian tekan panah diantara dua window.

  1. Upload, transfer dari Kolom Komputer Lokal ke Kolom Remote Hosting, anda sorot file direktori yang anda maksud, lalu anda klik anak panah ke kanan (Copy To Right).
  2. Download, transfer dari Kolom Remote Hosting ke Kolom Komputer Lokal, anda sorot file direktori yang anda maksud, lalu anda klik anak panah ke kiri (Copy To Left).

Mudah bukan?