Kesuksesaan yang selalu didambakan orang, Walaupun pada kenyataannya banyak orang ingin sukses tapi tidak mau berusaha, lebih parah lagi menganggap kesuksesaan adalah suatu yang mustahil bagi dirinya. Mungkin kita pernah mendengar pendapat seseorang ketika melihat orang lain yang sudah sukses. Seringkali cibiran sinis, ah itu kan karena mereka punya modal makanya bisa membuka usaha yang besar. Atau mungkin perkataan: seandainya saya juga diberikan peluang yang sama, maka saya juga pasti berhasil. Sedangkan yang pesimis berkata mereka orang hebat dan pintar, jika dibandingkan dengan saya yang bodoh dan lemah pasti susah mencapai kesuksesaan mereka.

Seperti halnya dengan pohon beringin yang besar pasti memiliki akar yang kokoh untuk menahan setiap goncangan. Pernahkah terpikir di benak Anda bahwa pohon beringin pun berasal dari bibit kecil yang tumbuh menjadi pohon besar yang kuat menghadapi goncangan. Dalam proses menjadi besar tentunya pohon ini seringkali mendapat cobaan hingga ke batas limit daya tahan mereka. Yang lemah akan mati, yang kuat bakalan tumbuh hingga menjadi pohon raksasa.

Setiap bisnis yang sukses selalu diawali dari suatu yang kecil, yang kuat bertahan menghadapi setiap masalah yang datang sedangkan yang lemah akan hilang dari peredaran. Selain itu di balik bisnis yang sukses selalu ada pribadi yang berjiwa besar, memiliki pengalaman yang tinggi dalam menghadapi setiap masalah. Untuk mencapai sukses saat ini, pribadi tersebut pasti pernah mengalami jatuh bangun dalam proses tersebut.

Anda mungkin sering melihat pribadi tersebut dalam bisnis yang sukses. Kita bisa menyebutkan pribadi tersebut seperti Bob Sadino, Mr Joger, atau mungkin pak Sigit Agus Himawan. Hal ini jika dilihat dengan bijak akan memberikan semangat atau motivasi dalam hidup. Motivasi yang dapat meningkatkan keyakinan kita bahwa kita pun bisa sukses. Bagi yang tidak bijak, maka bukan pribadi kokoh yang dilihatnya, tetapi rupa bisnis yang sukses tersebut yang dilihatnya, sehingga seringkali memunculkan pikiran negatif seperti kesinisan, putus asa, hilang semangat dan lain-lain.

Kesuksesaan adalah masalah waktu saja bagi pribadi yang berusaha dengan sekuat tenaga dalam menghadapi setiap masalah dan rintangan dalam proses pencapaian tersebut. Pribadi tersebut tidak akan berhenti ketika menemui masalah, namun Ia akan memecahkan masalah tersebut dan naik ke tingkat selanjutnya.

Saya jadi ingat kata-kata bijak yang sering diucapkan oleh pak Andrie Wongso, “Jika kita lemah terhadap kehidupan maka kehidupan yang akan keras kepada kita, namun sebaliknya jika kita kuat/gigih terhadap kehidupan maka kehidupan akan bersifat lembut kepada kita”. Kata yang sangat cocok untuk menggambarkan pribadi yang bisa mencapai kesuksesaan dalam hidup.

Semoga artikel yang sederhana ini bisa membuka mata Anda dalam mengamati sebuah kesuksesaan yang dicapai orang lain. Jadikan itu sebagai cambuk dan capailah kesuksesaan Anda dengan keyakinan yang kuat. Jangan mencibir atau patah semangat ketika melihat kesuksesaan orang lain. Niscaya Anda bisa memetik manfaat yang besar dari kesuksesaan orang lain.