Pada artikel kali ini saya akan memberikan tutorial wordpress tentang bagaimana menambahkan plugin dan theme Blog WordPress anda melalui FIlezilla. Karena tidak semua theme wordpress bisa di download melalui dashboard wordpress, begitu juga dengan plugin. Terkadang kita mendapatkan theme atau plugin yang bagus untuk mengembangkan blog melalui sumber lain yang belum terdaftar di wordpress. Atau jika kita ingin menggunakan premium theme atau plugin komersil, kita harus mengunggahnya terlebih dahulu ke hosting yang kita gunakan.
Jika anda belum mempunyai program filezilla, silahkan download disini. Program ini bisa anda gunakan secara gratis. Jika anda sudah memasang filezilla di komputer anda, silahkan buka aplikasi filezilla tersebut dan masukkan host, username dan password Hosting anda.

Host adalah URL blog anda yang merupakan domain utama di hosting anda. contoh URlnya adalah http://yourdomain.com. tentu saja anda harus mengganti yourdomain dengan domain yang anda gunakan. Masukkan juga username dan password yang anda untuk login ke Hosting Cpanel. Untuk Port bisa anda kosongkan jika anda tidak mengetahuinya. Jika sudah anda masukkan semua data yang di perlukan silahkan anda klik “Quickconnect” yang berada di sebelah kanan.
Jika proses login sudah komplit, anda akan melihat isi folder dan file-file yang ada di hosting anda. selanjutnya anda cari folder “public_html” dan klik dua kali pada folder tersebut, dan cari folder “wp-content” yang merupakan folder untuk menyimpan plugins dan themes anda. Jika anda ingin mengunggah plugin, klik ganda pada folder plugins sampai anda melihat kumpulan plugin disana. Kemudian pada bagian sebelah kiri, cari plugin yang ingin anda unggah, jangan lupa untuk melakukan ekstrak terlebih dahulu sebelum anda melakukan unggah file plugin anda.

Untuk mulai mengunggah, klik folder plugin anda, dan drag ke sebelah kanan. Maka akan terjadi proses unggah. Anda bisa melihat proses unggah pada bagian bawah, seperti gambar dibawah ini:

Anda bisa melihat file mana yang sedang di transfer, file yang gagal di transfer dan file yang sukses di transfer. Anda bisa mengulangi langkah di atas untuk mengunggah plugin yang lain. Begitu juga jika anda ingin mengunggah themes, anda harus membuka folder themes di sebelah kanan, dan ikuti petunjuk di atas.
Jika proses unggah sudah selesai, silahkan anda login ke wordpress anda yaitu http://domain.com/wp-admin. Sesudah anda berada di dashboard, anda cari “Plugin” di sebelah kiri dan klik di atasnya. maka akan terlihat plugin-plugin yang telah anda unggah sebelumnya. untuk mengaktifkan plugin anda cukup melakukan klik pada tulisan “activate” di bawah plugin yang ingin anda aktifkan. untuk melakukan pengaturan pada plugin, anda bisa melihatnya di bawah “Setting” dan klik pada plugin yang ingin anda atur. anda juga bisa menerapkannya pada plugin yang lain. Yang harus anda ingat adalah, anda harus mengaktifkan plugin terlebih dahulu untuk bisa melakukan pengaturan.