1. Obat dapat meneyebabkan rasa ngantuk. Jangan mengendarai kendaraan bermotor atau menjalankan mesin setelah minum obat ini.

Biasanya peringatan ini digunakan untuk obat-obat yang menyebabkan  rasa ngantuk dan memperlambat daya rileks seseorang . Seperti obat-obat untuk batuk  dan pilek. Hindarkan pemakaian alkohol dan obat tidur bersma obat-obatan yang dapat menyebabkan rasa ngantuk karena dapat memperburuk efek samping / rasa ngantuk.

2. Jangan dipecah, ditumbuk atau dikunyah. Obat ini harus ditelan utuh.

Biasanya peringatan ini digunakan untuk tablet atau kapsul yang dibuat khusus agar supaya zat khasiat obat dikeluarkan secara perlahan-lahan didalam perut atau usus. Obat-obat ini biasanya diminum satu atau dua kali sehari. Bila ditumbuk akan merusak daya pengeluaran zat khasiat obat secara perlahan-lahan dan jangka panjang dari obat tersebut. Jadi obat jenis ini harus ditelan utuh.

3. Simpan ditempat yang dingi, jangan terkena sinar matahari. Simpan dikulkas – jangan ditempat beku.

Sinar dan panas yang berlebihan akan merusak hampir semua obat-obatan. Karena itu lebih baik obat disimpan ditempat sejuk dan jauh dari makanan mentah, Jadi obat jangan sampai terkena matahari, bisa disimpan di kulkas tetapi jangan di bagian freezernya (tempat pembekuan/biasanya untuk membuat es batu).Karena pembekuan dapat merusak obat-obatan.

4. Jangan meminum obat ini bersama dengan susu, antasida, atau obat yang mengandung besi.

Kalsium yang terdapat dalam susu dan obat-obatan yang mengandung zat besi dapat mempengaruhi daya serap dari beberapa obat-obatan seperti Tetrasiklin ( Antibiotik ) dan Digoksin (obat jantung). Jadi kalau mau meminum susu atau tablet yang mengandung zat besi sebaiknya 2 jam sebelum atau sesudah minum obat ini.

5. Dimakan pada waktu perut kosong, 1 jam sebelum atau 2 jam sesudah makan.Makan obat ini sampai habis.

Biasanya peringatan ini digunakan pada obat antibiotik, karena obat ini dapat diserap dengan baik dalam keadaan perut kosong. Obat ini harus dimakan secara teratur dan dalam dosis yang cukup. Dan yang terpenting obat ini harus diminum sampai habis.

6. Buang obat setelah tanggal yang ditentukan Buang botol setelah botol dibuka dan telah lewat dari tanggal yang ditentukan.
Sebaiknya botol obat yang telah dibuka dan telah lewat dari tanggal yang ditentukan harus dibuang. Karena obat-obatan yang sering terpapar udara atau cahaya akan cepat rusak. Kemudian diatas jangka waktu tertentu, khasiat obat akan hilang, contohnya obat antibiotik.Untuk obat tetes mata atau tetes telinga juga beresiko terkontaminasi, karena itu sebaiknya setelah botol dibuka, pada jangka waktu tertentu harus dibuang.

7. Minum dan telan makan pelan-pelan jangan ditelan langsung dengan air . Peringatan : obat ini dapat menyebabkan rasa ngantuk.

Peringatan ini digunakan untuk obat batuk cair yang memberikan efek pada tenggorokan dan diserap oleh aliran darah