Siklus haid diatur hormon yang dikontrol oleh hipotalamus, yaitu daerah pada dasar otak yang berperan sebagai pengatur seluruh sistem reproduksi. Stres fisik dan mental bisa memengaruhi hipotalamus yang berakibat pada gangguan siklus menstruasi. Berikut beberapa pertanyaan seputar haid yang perlu diketahui para wanita.

Apakah normal bila haid tak teratur?
Terkadang siklus haid memang tidak teratur. Meski kehamilan merupakan penyebab utama tidak adanya haid, namun stres, berat badan yang turun atau naik drastis, olahraga berlebihan dan beberapa penyakit juga bisa menyebabkan haid terlambat. Siklus haid yang normal adalah 21-35 hari. Perdarahan yang lebih sering dibanding biasanya atau ketiadaan haid selama tiga bulan berturut-turut sebaiknya tidak dianggap enteng. Konsultasikan dengan dokter.

Datangnya haid berarti tidak hamil?
Tidak selalu demikian. Tak sedikit wanita yang mengalami perdarahan di awal kehamilan. Jika perdarahan disertai tanda lain, seperti rasa mual, lelah atau tanda hamil lainnya, segera periksa dengan tes kehamilan.

Apakah volume darah haid saya berlebihan?
Meski terlihat banyak, pada umumnya seorang wanita akan kehilangan 4-12 sendok teh cairan menstruasi dalam satu periode haid. Bila Anda menggunakan lebih dari 10 pembalut per hari atau berganti pembalut lebih dari 1-2 jam sekali, besar kemungkinan Anda mengalami menorrhagia (haid berlebihan).

Berapa hari periode yang normal?
Kebanyakan wanita mengalami menstruasi selama 3-5 hari. Namun, ada juga yang mengalami haid 2-7 hari. Bila lebih dari itu, segera konsultasikan pada dokter.

Bisakah terjadi kehamilan saat haid?
Bisa saja. Karena itu jangan melakukan hubungan seks saat menstruasi untuk menghindari kehamilan. Peluang kehamilan paling besar terjadi selama ovulasi, dan ini bisa terjadi di sela hari menstruasi.

Bagamaimana mengontrol mood swing yang terjadi saat PMS?
Cobalah berolahraga, menghindari makanan yang mengandung garam dan kurangi kafein satu minggu sebelum masa menstruasi untuk menghindari PMS.

Mengapa nafsu makan naik menjelang haid?
Sampai saat ini para ahli masih menduga perubahan hormon sebagai penyebab naiknya nafsu makan dan keinginan untuk ngemil (craving). Sebagian wanita mengatakan mereka sangat ingin ngemil es krim, cokelat, atau keripik kentang.

Iklan