Tak akan ada lagi silang pendapat mengenai team order. Peraturan yang melarang diberlakukannya team order telah dicabut, dan mulai musim depan tim mana pun bebas menerapkannya.

Isu mengenai team order mengemuka musim lalu setelah Ferrari meminta Felipe Massa mengalah dan memberikan jalan untuk Fernando Alonso pada GP Jerman. Alonso sendiri akhirnya memenangi balapan tersebut, dan Massa harus puas dengan posisi dua.

Ferrari akhirnya dihukum dengan didenda 100.000 dolar AS dan tak ada hukuman lanjutan. Padahal dalam peraturan pasal 39.1, FIA menuliskan bahwa team order jelas-jelas dilarang.

Dalam pertemuan World Motorsport Council, Jumat (10/12/2010) waktu setempat, FIA akhirnya mengeluarkan statemen tegas mengenai team order.

“Pasal mengenai pelarangan team order (39.1) telah dihapus,” demikian bunyi statemen itu seperti dilansir Reuters.

Kendati demikian, bukan berarti setiap tim bebas “bermain mata”, sekalipun itu untuk kedua pembalap mereka sendiri. Akan tetap ada hukuman bagi mereka yang mencoreng sportivitas.

“Setiap tim akan diingatkan bahwa siapa pun yang mencoreng olahraga ini akan berurusan dengan pasal 151c dari International Sporting Code dan dari peraturan-peraturan pendukung lainnya yang relevan.”

Sumber : http://www.detiksport.com/