Seperti biasanya untuk mengisi hari libur, saya menyempatkan untuk membaca sebuah buku atau majalah. Ada tulisan yang cukup menarik yang disampaikan oleh Sdr. Naqoy dalam bukunya ” The 7 Awareness ” – 7 Kesadaran Hati dan Jiwa Menuju Manusia di Atas Rata-rata. Yaitu dengan meluangkan waktu selama 1 Jam – untuk melatih “Keheningan“. Yang ternyata latihan tersebut juga merupakan rahasia Sdr. Naqoy – ( Nanang Qosim Yusuf – Master Trainner The 7 Awareness & Penutur Kesadaran Indonesia) untuk mengasah kualitas hidupnya ” FROM  GOOD TO GREAT “. Dalam hidup, kita harus selalu memperbaiki kesalahan-kesalahan kita dengan perbuatan yang jauh bermanfaat dan baik.


Latihan 1 Jam – ” Melatih Keheningan “.

Latihan ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu; (1). The Art of Duty, (2). The Art of Knowlegde dan (3). The Art of Devotion.

The Art of Duty

Luangkan waktu 30 menit untu The Art of Duty.

1. 10 menit pertama adalah mereflesikan kembali hari kemarin.

Reflesikan hari kemaren, lalu temukan apa yang bisa terus diperbaiki untuk meningkatkan kualitas hidup, lalu analisis juga kenapa jadwal kita ada yang gagal atau tidak sesuai dengan rencana yang kita buat.

2. 10 Menit kedua adalah membuat rencana hari ini.

Menyusun jadwal harian kita, hari ini. Jangan terlalu tinggi atau terlalu rendah, cobalah lebih masuk akal dalam membuatnya, intinya buatlah jadwal harian dimana kita sendiri bisa melakukannya. Ingat jadwal ini bukan untuk orang lain, tetapi untuk kita sendiri.

3. 10 Menit terakhir adalah membuat “goal” jangka pendek dan menengah.

Dalam hal ini, ada 4 bagian yang penting (1) buatlah “goal” untuk 7 hari kedepan, (2) untuk jangka pendek 6 bulan ke depan, (3) untuk jangka panjang satu tahun penuh dan (4) buatlah “goal” itu dalam bentuk tulisan.

The Art of Knowledge

Setelah 30 menit pertama selesai, 20 menit berikutnya adalah untuk memperluas cakrawala pengetahuan kita. Lakukan secara konsisten, 20 menit ini akan sangat berharga buat kita. Berikut ini langkah-langkah untuk mendapatkan penhetahuan :

1. Carilah buku yang benar-benar ada manfaatnya.

2. Bacalah buku selama 15 menit setiap harinya.

3. Luangkan 5 menit terakhir untuk membuat catatan kesimpulan dari apa yang telah kita baca.

4. Berilah tanda bahwa apa yang kita baca sangat penting.

Rahasia orang-orang besar adalah suka merenung dan membaca buku. Pada saat membaca, dia  bukan menjadi seorang master tapi justru menjadi seorang awam, pada saat kita menjadi orang awam yang rendah hati, maka ilmu Allah akan cepat sekali masuk ke dalam pikiran dan hati kita. sebaliknya pada saat kita berfikir sebagai seorang master, sulit sekali ilmu itu masuk karena merasa sudah tahu segalanya. “

The Art of Devotion

Ini adalan 10 menit terakhir untuk pasrah total kepada Allah. Semua rencana kita adalah rencana-Nya. Kita sudah melakukan yang terbaik tapi sesungguhnya yang terbaik adalah Dia. Dzat yang Maha Kasih dan Penyayang. Dalam 10 menit terakhir pasrahkan segala urusan kita kepada-Nya.

Hadirkan hidup kita saat ini, karena kita sedang ada dalam kamar keheningan. Mulailah mendengarkan suara-suara keindahan dari Yang Maha Agung. Inilah Awareness of Silence, kesadaran seseorang tentang pentingnya berdiam diri dan menenangkan diri. Cobalah naik lagi karena didepan kita ada pintu kesadaran yang telah lama menunggu kita selama ini. Bahkan mungkin jawaban dari setiap persoalan kehidupan yang kita miliki. Itulah tangga kesuksesan. Jangan takut gagal karena ketakutan yang besar bisa dilawan dengan keyakinan yang lebih besar.

Latihan ini sebaiknya dilakukan selama 21 hari, tujuannya untuk menjadi kebiasaan sehari-hari sehingga tidak mera sa berat melaksanakannya.

Semoga bermanfaat !!!

Iklan