Mobil berbodi seksi dengan warna kulit (cat) yang menarik memang menyenangkan untuk dilihat. Agar cat mobil tetap melekat apik, berikut ini trik khususnya:

1. Jangan cuci mobil dibawah terik matahari, hal ini untuk menghindari mobil dari flek.

2. Lakukan pemolesan berkala tiap minggu (menggunakan wax mobil)

3. Parkirlah mobil di tempat teduh. Sinar matahari yang memancar terus-menerus dapat merusak lapisan cat mobil. Demikian pula mobil yang kehujanan apabila tidak segera dikeringkan akan menimbulkan bercak-bercak noda biang jamur.

4. Di malam hari, sebisa mungkin hindari kontak langsung antara mobil dengan embun karena dapat mempercepat timbulnya karat. Bila Anda tidak memiliki garasi yang tertutup sebaiknya mobil ditutup dengan kantung mobil atau terpal.

5. Hindari mencuci mobil dengan menggunakan sabun detergen. Kandungan zat kimia dalam sabun detergen dapat memudarkan kecemerlangan cat mobil.

6. Sebaiknya gunakan sampo khusus untuk mencuci mobil, namun bila terpaksa habis gunakan sabun/shampoo untuk mandi asal tidak mengandung detergen.

7. Saat mencuci mobil sebaiknya hindari busa sabun menempel terlalu lama apalagi di bawah sinar matahari pada bodi mobil karena dapat menimbulkan bercak-bercak noda pada cat mobil. Sebaiknya begitu dilakukan penyabunan segera disiram dengan air.

8. Paling ideal, mencuci mobil, paling ideal, dilakukan dilakukan saat kendaraan dingin dan di tempat terbuka yang teduh. Setelah mobil terguyur rata dengan semprotan air, segera keringkan dengan lap. Mulailah dengan mengelap kaca dan bodi bagian atas. Setelah mobil kering, lakukan kembali penyemprotan. Jika ada, pakailah pompa kompresor bertekanan tinggi saat menyemprotkan ke sejumlah lekuk dan sekujur ‘tubuhnya’.

9. Hindari mobil dari cairan minyak rem, oli atau bensin. Jika terkena tumpahannya, segera hapus dan bersihkan.

10. Perhatikan partikel-partikel kecil yang biasanya melekat pada mobil. Hal ini penting, karena satu partikel saja bisa menyebabkan cat mobil tergores.

11. Hilangkan debu halus di mobil, sebaiknya gunakan kemoceng karena alat pembersih itu bisa menghindari beret di permukaan cat mobil.

(maya/CN19)

Sumber: SuaraMerdeka