Hari senin, merupakan hari dimulainya aktifitas kerja rutin terutama yang bekerja di kantoran. Sebagian orang menyambut dengan rasa malas, tidak bergairah dan bosan, padahal sehari sebelumnya telah menikmati liburan, tapi sepertinya liburan kemaren masih belum cukup untuk meningkatkan stamina untuk bekerja lebih fresh pada hari senin.

Sekitar tahun ’80-an, Bob Geldof pernah mempopulerkan lagu “ I don’t like Monday “, sepertinya lagu tersebut mengamini suasana hati saat kita harus kembali kehabitat semula dengan berbagai macam pekerjaan rutinitas yang mungkin sangat membosankan.

Rasa malas dan bosan itu disebabkan karena kita tidak merasa tertantang dengan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kreatifitas maupun adrenalin kita. Karena kita tahu bahwa pekerjaan atau aktifitas yang kita lakukan hari senin tersebut sama dengan yang dilakukan dari hari-hari yang lain.

Untuk menghilangkan rasa bosan dan malas, setidaknya kita perlu kegiatan atau aktifitas yang bervariatif dan penuh tantangan. Untuk itu kita perlu sesuatu yang baru yang menjadi target kita, sehingga kita tertantang dan kita mendapatkan motivasi dan energy yang cukup besar untuk menghadapinya hari-hari berikutnya.

Ada beberapa hal mungkin dapat membantu untuk dapat meningkatkan motivasi dan gairah serta mecerahkan suasana hati menghadapi hari senin ini:

  1. Pada saat liburan, coba istrirahat yang cukup. Isi dengan kegiatan yang positif baik kegiatan fisik dengan berolah raga maupun kegiatan rohani dengan mendatangi pengajian atau juga bersilaturahmi kepada kerabat dan teman-teman.
  2. Jadikanlah hari libur, adalah media untuk berkumpul, bercengkrama dan  sebagai pelepas rindu dengan keluarga ( anak, istri/suami),  setelah sekian hari kita bergelut dengan pekerjaan dan hanya tersedia sisa-sisa waktu setelah kita letih seharian bekerja.
  3. Malam hari cobalah luangkan waktu beberapa menit, kita lakukan evaluasi apa yang telah dilakukan selama satu minggu terakhir baik untuk keluarga maupun pekerjaan. Hal ini diperlukan untuk mengetahui apakah seluruh rencana yang telah kita buat minggu kemarin sesuai dengan target ?. Apakah ada rencana yang belum terealisir ? dan mengapa hal tersebut bisa terjadi ?
  4. Setelah melakukan evaluasi, kita buat rencana selanjutnya untuk hari senin, jangan lupa kita berdo’a kepada yang Maha Kuasa untuk diberi kekuatan dan kelancaran dalam  melaksanakan rencana kita.
  5. Sebelum beranjak ke peraduan , bagi yang sudah berkeluarga dan dikaruniai anak, coba tatap dalam-dalam wajah anak dan istri kita  yang tengah terlelap tidur, cium keningnya dan tumpahkan rasa cinta kita dengan berjanji melakukan yang terbaik untuknya .

Mudah-mudahan bermanfaat…….. Semangat !!!

Recent Posts :

Iklan