Category: Tutorial WordPress



Iklan

Pada artikel kali ini saya akan memberikan tutorial wordpress tentang bagaimana menambahkan plugin dan theme Blog WordPress anda melalui FIlezilla. Karena tidak semua theme wordpress bisa di download melalui dashboard wordpress, begitu juga dengan plugin. Terkadang kita mendapatkan theme atau plugin yang bagus untuk mengembangkan blog melalui sumber lain yang belum terdaftar di wordpress. Atau jika kita ingin menggunakan premium theme atau plugin komersil, kita harus mengunggahnya terlebih dahulu ke hosting yang kita gunakan. Baca lebih lanjut

Bagi para webmaster yang sudah melanglangbuana sekian lama di dunia per-website-an dan per-blog-an pasti sudah pernah merasakan memposting sebuah tabel di website/blog. Ada yang sudah sangat mahir sehingga dengan lincah dan cepatnya mengetikkan kode-kode html untuk membuat tabel dengan berbagai kreasi. Tapi mungkin bagi yang baru belajar masih sedikit bingung. Seperti saya, yang sudah agak lupa bagaimana kode-kode html untuk membuat tabel. Baca lebih lanjut


Coba-coba menambahkan RSS Feed dari blog atau situs lain di sidebar ? keliatan keren juga sih karena bisa kayak blog ter-update terus dengan berita-berita terbaru (kalau RSS News) atau postingan dari blog lain. Kalau bingung mau nampilin feednya siapa, bisa cari-cari topik di situs-situs seperti Syndic8.com atau kumpulan News feed di RSS Hot List ini atau kumpulan Feed dari situs lokal yang sudah dirangkum Heri Doank di blognya serta  kalau lihat blog bagus bisa nyari feednya juga dengan klik kanan mouse >> copy link location gambar Feednya. Baca lebih lanjut


Jika kita membuat suatu halaman baru (Page) di WordPress misalnya “About Me“, “Privacy Policy” atau halaman tes lainnya, tapi kita tidak mau halaman (Page) itu muncul di Navigasi (bagian atas blog biasanya) atau di sidebar maka bisa aja kita edit kode di themesnya.

navigation

Biasanya kode navigasi ini ada di file header.php dari theme yang sedang digunakan, tapi ada juga yang menaruh kode navigasi di file navigation.php atau index.php .. jadi kalau ngga ada di header.php ya harus cari-cari di folder themesnya yaa :D Baca lebih lanjut


Kadang ada postingan kita yang seperti catatan harian (diary) atau di khususkan untuk special person aja :D jadi pengen disembunyikan atau disamarkan dari homepage atau buat yang bermain di Paid Reviews dan ngga mau blog pribadinya tercampur-campur antara postingan sehari-hari dengan artikel reviewnya, plugin Advance Category Excluder ini bisa membantu kog ..

Download, ekstrak dan upload folder plugin ke /wp-content/plugins di server, kemudian aktifkan dari admin area. Setelah aktif ada menu baru sejajar dengan menu-menu utama yaitu ACE. Baca lebih lanjut


Bagaimana cara meng-upload file excel (atau format lainnya) ke blog yang menggunakan WordPress versi 2.7? Caranya ternyata mudah (setidaknya bagi saya). Dalam tutorial ini, saya akan menunjukkan bagaimana caranya meng-upload berkas excel (.xls) dengan nama “Laporan keuangan.xls” ke dalam salah satu tulisan (post) di blog saya. Nantinya, para pengunjung atau pembaca blog saya bisa mengunduh (download) berkas ini hanya dengan dua kali klik melalui browsernya (Internet Explorer, Opera, atau Firefox). Anda siap? Here we go ………………. Baca lebih lanjut


 

Video adalah fitur pelengkap yang menakjubkan jika anda ingin membuat blog anda tampil sempurna. Sebagaimana telah digunakan di wordpress.com, kini anda pun bisa menambahkan video di blog worpress anda.

The VideoPress upgrade memungkinakn anda menyimpan dan menjalankan video langsung dari blog anda.  VideoPress adalah per blog dan dapat dibeli melalui panel Upgrades di dashboard blog anda. Baca lebih lanjut