Varisela atau yang lebih dikenal dengan cacar air adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh virus, ditandai dengan bintik-bintik merah, yang dapat menyebabkan kerusakan dan ketidaknyamanan pada kulit.

Sejauh ini cacar air dianggap sebagai suatu penyakit ringan tetapi komplikasi dapat terjadi baik pada anak maupun dewasa. Komplikasinya antara lain:

* Infeksi tambahan pada kulit menimbulkan kerusakan dan bekas luka (yang dapat menyebabkan rasa rendah diri jika letaknya di wajah)
* Pneumonia, ensefalitis, yang membutuhkan rawat inap di rumah sakit.
* Kematian pada beberapa kasus.

Ada tiga cara berbeda orang dapat terserang cacar air:

* Penularan dari orang ke orang melalui bersin atau batuk
* Kontak langsung dengan pasien yang terinfeksi, dimana gelembung-gelembung cairan sangat menular
* Penularan melalui plasenta yaitu dari ibu yang terinfeksi ke janin yang dikandungnya

Gejala cacar air ini dimulai 14-16 hari setelah kontak dengan pasien yang terinfeksi. Sakit kepala, demam, sakit perut dan tidak enak badan biasanya mendahului timbulnya bintik-bintik merah (1-2 hari). Bintik-bintik merah timbul dari kepala, muka atau bagian badan atas dan kemudian menyebar ke seluruh tubuh.

Imunisasi terhadap cacar air dapat melindungi kita dan keluarga dari penyakit ini. Kebanyakan vaksin cacar air ini efisien dan memberikan perlindungan yang lama. Vaksin ini diberikan sejak usia 12 bulan dan telah ditoleransi aman dan baik.

sumber :http://www.infoanak.com

Iklan